Selasa, 04 Desember 2012

Sekilas Tentang Parket/Parquet

Apa itu Parket/Parquet ?

Parket/parquet adalah kepingan atau lembaran kayu berbentuk persegi yang memiliki warna, tekstur, pola dan model tertentu yang digunakan sebagai material finishing penutup lantai (lantai kayu parket/parquet). Memilih lantai yang tepat pada hunian anda merupakan salah satu hal yang sangat vital. Pemilihan lantai yang tepat dapat memberikan rasa nyaman pada hunian anda selain juga dapat menambah fungsi estetis.

Ada tiga jenis parket/parquet yang sebaiknya Anda tahu, yaitu solid parquet, laminate parquet, dan veneer parquet.

Solid Parquet atau parket kayu solid adalah parket yang terbuat dari potongan kayu solid. Ketebalannya umumnya sekitar 12-15 mm. Parket solid/solid parquet punya beberapa kelebihan, yaitu awet, tahan lama dan dapat di-refinishing sesering mungkin. Selain itu, material ini juga empuk dan dapat memberikan kemewahan lebih. 

Laminate Parquet atau Parket laminasi, tidak terbuat dari kayu
(faux wood). Pabrik laminate mengembangkan berbagai bahan, antara lain dari fiber yang diolah menyerupai kayu. Kadang laminate dilapis dengan plywood di bagian bawahnya. Dibanding kedua jenis parket lainnya, parket laminate terbilang paling murah. Kelemahannya adalah, ia tidak dapat di-refinishing dan harus diganti bila rusak. 

Veneer Parquet atau Parket vinir adalah kombinasi kayu solid di permukaannya, dengan plywood atau kayu kualitas rendah di bagian bawahnya. Ketebalan kayu solidnya biasanya sekitar 5 mm. Parket vinir dapat di-refinishing tetapi tidak dapat dilakukan sesering parket solid. Kelemahannya adalah kurang awet dan tahan lama serta gampang dimakan rayap.

Kenapa memilih lantai kayu Parket/Parquet ?

Sehat, Aman dan Nyaman
Bangunan dengan lantai kayu parket/parquet sangat bersahabat dengan penghuninya. Bagi yang memiliki alergi, mereka dapat bernafas lega. Debu, kuman dan bakteri tidak memiliki banyak kesempatan untuk menempel pada lantai kayu parket/parquet. Teksturnya tidak terlalu licin bila dibandingkan dengan lantai keramik atau marmer, sehingga bisa mengurangi resiko jatuh akibat licin. Terutama apabila di rumah anda terdapat anggota  keluarga yang masih balita ataupun orangtua. Apabila jatuh di lantai parket/parquet, cederanya pun relatif rendah karena sifatnya yang lebih empuk dibanding lantai keramik. Keunggulan lain dari lantai kayu parket/parquet adalah dapat menyerap panas dan menetralisir suhu ruangan sehingga menciptakan suasana ruangan yang hangat dan nyaman.

Memiliki Nilai Estetika yang Tinggi
Selain memberikan kesan natural, cita rasa seni yang terdapat pada lantai kayu parket/parquet memunculkan kesan mewah dan elegan.

Oleh karena itu ada baiknya apabila anda sudah memutuskan untuk menggunakan lantai kayu parket/parquet di hunian anda, pastikan bahwa anda sudah memilih kayu yang tepat untuk dipergunakan. Tentunya jenis kayu yang kuat, awet, indah, serta anti rayap.

Demikian Sekilas Info Tentang Parket/Parquet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan untuk berkomentar menggunakan hati nurani dan tidak mengandung SARA, SEX dan POLITIK.

Entri Populer